Sandal refleksi, cara sehat secara mandiri

Pernah mencoba menggunakan sandal refleksi? Atau ingin tahu efeknya setelah menggunakan Sandal refleksi?

Kali ini saya ingin share tentang sandal kesehatan yang sudah saya coba, yaitu sandal refleksi fleksibele. Saya suka merek ini karena terasa lembut saat di pakai, juga terasa manfaatnya.

Terutama saat bangun pagi-pagi dan udara begitu dingin sehingga rasanya seperti membekukan kaki, biasanya sandal ini saya gunakan untuk berjalan kaki di sekeliling rumah saja selama setidaknya 20 menit.

Sesudahnya badan akan terasa hangat kembali, kaki tidak lagi terasa membeku karena peredaran darah mulai mengalir lancar. Saya pun jadi bersemangat lagi untuk memulai hari.

Ternyata bukan cuma saya saja yang mengalami efek positif seperti ini. Pengguna yang lain juga ketika saya tanya menggambarkan efek yang sama. Bagi orang yang terutama dalam pekerjaannya sehari-hari banyak duduk, sandal ini terasa sekali manfaatnya.

Salah satunya yaitu Pak Indarto (53 tahun), seorang konsultan yang bekerja di Jakarta. Kesibukannya sehari-hari dalam pekerjaannya membuatnya harus duduk hampir sepanjang hari. Ditambah tidak hobi olah raga, membuatnya sering mengalami kelelahan dan pegal-pegal.

Ia mencoba menggunakan sandal refleksi ini karena saran dari seorang temannya. Setelah beberapa minggu menggunakannya, ia heran karena kini tubuhnya terasa lebih berenergi.

Rasa lelah yang biasa menjadi kesehariannya tak lagi mengganggu. Moodnya lebih baik, dan rasanya kini ia sanggup melakukan lebih banyak hal. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Sandal refleksi diciptakan sesuai teknik refleksologi

Sandal refleksi umumnya dibuat sesuai dengan teknik pengobatan refleksologi atau pijat refleksi. Menurut pengobatan alami refleksologi, pada bagian telapak kaki dan tangan kita, terdapat titik-titik refleksi yang berhubungan dengan setiap otot, saraf, organ, kelenjar dan tulang di dalam tubuh

Jadi, saat ada bagian tubuh yang sedang mengalami sakit, maka bagian telapak kaki yang berhubungan dengan bagian tubuh tersebut akan terasa nyeri saat ditekan.

Berdasarkan rasa nyeri tekan itulah para pemijat refleksologi melakukan diagnosa penyakit. Setelah dilakukan diagnosa, maka umumnya bagian telapak kaki yang sakit akan mendapatkan terapi pemijatan sesuai dengan kebutuhannya.

Titik refleksi di telapak kaki
sumber: refleksi id

Pemijatan yang dilakukan pada titik-titik refleksi tersebut bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan melepaskan ketegangan saraf.

Dengan semakin lancarnya sirkulasi darah, maka semua proses dalam tubuh bisa berjalan baik, penyerapan zat gizi dan pembuangan racun tubuh menjadi lancar. Pijat refleksi juga memicu pelepasan hormon endorfin yang dapat berfungsi menghilangkan stres dan menimbulkan rasa senang.

Pada akhirnya secara bertahap tubuh akan kembali pada keseimbangan normalnya.  Saat tubuh berada pada keseimbangan normal itulah, tubuh mampu menyembuhkan diri sendiri dari berbagai penyakit secara alami.

Penelitian tentang sandal refleksi

Nah, karena dibuat sesuai dengan teknik refleksologi, jadi manfaat yang bisa didapat dengan mengenakan sandal ini kurang lebih sama dengan pijat refleksi.

Memang pengalaman setiap orang dalam menggunakan sandal refleksi ini tak persis sama, sehingga manfaat yang didapat juga kemungkinan akan berbeda untuk setiap individu.

Namun penelitian mengenai manfaat menggunakan sandal refleksi ini pernah dilakukan di Kyoto University Graduate School of Medicine pada tahun 2004.

Kesimpulan dari penelitian tersebut, ternyata setelah menggunakan sandal refleksi, manfaat yang dirasakan peserta penelitian diantaranya yaitu:

  • Tubuh terasa lebih berenergi
  • Sirkulasi darah meningkat
  • Mengurangi bengkak di kaki dan mata kaki
  • Mood menjadi lebih baik, lebih bahagia

Sandal refleksi ini bisa membantu Anda yang sibuk sehingga sulit meluangkan waktu untuk pijat refleksi secara langsung. Jadi bisa dikatakan sebagai upaya untuk sehat secara mandiri.

Cara yang benar memakai sandal refleksi

Saat pertama memakai sandal, gunakan sandal refleksi ini sekitar 15 menit saja, biarkan diri Anda terbiasa dulu dengan sandal refleksi ini. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan sendiri waktunya sesuai dengan kenyamanan Anda.

Namun sebaiknya maksimal 30 menit saja untuk sekali pemakaian. Bagi Anda yang kegiatan sehari-harinya lebih banyak duduk dan jarang olahraga, sandal ini bisa dipakai 2-3 kali sehari untuk membantu melancarkan sirkulasi darah.

Efek penggunaan sandal refleksi ini memang bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada lama penggunaan, posisi penggunaan apakah dalam keadaan duduk atau berdiri, juga tipe dari orang yang memakai.

Orang yang memiliki kepekaan lebih dari orang lain, biasanya lapisan kulit kakinya lebih tipis daripada kebanyakan orang, sehingga efek sandal ini lebih cepat terasa dibandingkan dengan mereka yang kulit kakinya lebih tebal atau letak titik syarafnya lebih dalam.

Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu, usahakan untuk cukup minum air putih sebelum maupun sesudah menggunakan sandal refleksi, untuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Karena penggunaan sandal ini juga memberikan efek yang sama seperti saat melakukan pijat refleksi. IN

Pencarian dari Google :

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *